Menabung Santan Menjelang Lebaran - Idoy Cemal Cemil

Menabung Santan Menjelang Lebaran

Menjelang Lebaran harga kelapa biasanya makin naik saja dan kadang sulit di dapat di daerah-daerah tertentu. Kadang-kadang kitapun malas membuatnya karena terlalu sibuk membuat makanan-makanan lainnya. Menggunakan santan kemasan rasanya kurang gurih.  Ayo kita mencoba menabung kelapa dalam bentuk santan. Mudah kok.....

Belilah beberapa butir kelapa sekaligus sesuai perkiraan kebutuhan waktu lebaran nanti. Bila ingin santan yang putih bersih buang dahulu kulit kelapanya sampai bersih, cuci sebentar. Parut di tempat memarut atau parut sendiri di rumah. Untuk mendapakan santan yang banyak , kelapa yang sudah diparut di blender dahulu, lalu saring sambil diperas-peras kuat.  Buat Santan Kental, Sedang dan Encer. Masak di atas api sedang aduk-aduk terus  sampai mendidih .

Angkat dan dinginkan santannya.
Setelah dingin kemas dalam kantung plastik atau wadah yang tertutup rapat. Jangan lupa diberi label yang jelas antara santan kental, sedang atau encer agar tidak tertukar.
Simpan di dalam freezer.

Naaaah sekarang kita tidak perlu cemas atau enggan membeli kelapa untuk mendapatkan santan karena sudah punya stok di lemari es.

Selamat Mencoba !

Add your comment